Sebelum Beli, Cek 6 Panduan Cara Memilih Treadmill

Treadmill
Treadmill

Memilih treadmill bisa cukup membingungkan karena fitur-fitur yang dimilikinya. Ada treadmill manual dan ada pula treadmill elektrik. Fitur-fitur lainnya pun beragam, mulai dari pengukur waktu, pengukur jarak, pengatur kecepatan, hingga pengukur detak jantung. Semua fitur tersebut memiliki peran dalam menjaga kebugaran Anda.

Treadmill dengan fitur lengkap biasanya bisa Anda temui di pusat-pusat kebugaran. Harga treadmill semacam itu memang relatif mahal. Tak perlu khawatir, banyak treadmill yang memang diperuntukkan untuk pemakaian di rumah. Biasanya treadmill untuk di rumah harganya lebih terjangkau. Kami akan membantu Anda untuk mengetahui poin apa-apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih treadmill.

Jangan pilih yang terlalu murah

Seperti yang telah disebutkan di atas, saat ini banyak treadmill dengan harga terjangkau. Namun, kita tetap harus berhati-hati dengan tidak membeli treadmill yang harganya terlalu murah. Mengapa begitu?

Saat berlari dengan treadmill, seluruh bobot badan Anda akan bertumpu pada sabuk konveyor yang berjalan seiring langkah kaki Anda. Maka, seluruh bagian treadmill haruslah terbuat dari bahan yang berkualitas, yang mampu menahan beban penggunanya saat berlari. Bila harga treadmill terlalu murah, kemungkinan bahan bakunya bukanlah bahan yang berkualitas.

Anda bisa bayangkan, jika bahan baku treadmill yang Anda beli memiliki kualitas yang rendah, bisa-bisa treadmill Anda rusak hanya dengan dua tiga kali pemakaian. Akan lebih bahaya jika treadmill itu menyebabkan Anda cedera. Sekali lagi, jangan tertipu dengan harga treadmill yang terlalu murah, ya!

Periksa ukuran Area Lari

Ukuran treadmill yang digunakan di rumah biasanya ringkas dan kecil agar tidak banyak memakan tempat. Jika area lari pada treadmill Anda terlalu pendek, maka Anda tidak akan dapat berolahraga dengan nyaman. Pilihlah treadmill dengan area lari berukuran tepat.

Panjang langkah + 10 cm

Treadmill

Agar bisa berlari dengan nyaman, maka pastikan ukuran panjang area lari pada treadmill pilihan Anda adalah langkah panjang Anda ditambah 10 cm. Panjang area lari yang ideal pada treadmill juga bisa ditentukan dengan rumus berikut: tinggi badan x 0,65 + 10 cm.

Contohnya, jika tinggi badan Anda 160 cm maka panjang area lari treadmill yang Anda perlukan adalah: 160 x 0,65 + 10 cm = 114 cm. Pilihlah treadmill yang memiliki panjang area lari 114 cm agar Anda bisa berlari dengan aman dan nyaman.

Lebar area lari yang optimal adalah 40 cm

Untuk bisa menggunakan treadmill dengan aman dan nyaman, baik untuk berjalan atau berlari, maka lebar area lari yang optimal adalah sekitar 35 hingga 40 cm. Jika Anda akan menggunakan treadmill dengan kecepatan yang tinggi, pertimbangkanlah treadmill yang lebih lebar lagi.

Periksa kecepatan maksimalnya

Treadmill

Kecepatan berlari atau berjalan tergantung pada masing-masing individu. Namun, biasanya treadmill memiliki kecepatan yang bisa diatur tergantung kebutuhan kita. Biasanya kecepatan untuk jogging adalah 12 km/jam dan kecepatan berlari cepat adalah 16 km/jam.

Jika Anda berolahraga menggunakan treadmill, cara yang baik adalah dengan melakukannya secara bertahap. Anda akan mengalami cedera jika langsung menggunakannya dalam kecepatan yang sangat tinggi. Pastikan treadmill pilihan Anda memiliki kecepatan yang bisa diatur dan sesuai dengan ritme olahraga Anda.

Bisa digunakan berlari selama lebih dari 30 menit

Treadmill elektrik biasanya memiliki fitur waktu yang bisa mengatur berapa lama kita akan menggunakan mesin tersebut. Biasanya waktu penggunaan bisa ditentukan selama 30, 45, 60, dan 99 menit.

Beberapa treadmill dengan mesin yang bagus bahkan bisa digunakan secara terus menerus. Hal tersebut juga menunjukkan daya tahan treadmill yang tinggi. Treadmill yang memiliki kemampuan untuk digunakan selama lebih dari 60 menit, adalah treadmill yang paling sesuai digunakan untuk berolahraga di rumah.

Area berlari yang tingkat kemiringannya bisa diatur

Menggunakan treadmill di rumah bisa terasa monoton jika Anda melakukannya terus-menerus setiap hari. Untuk mendapatkan hasil yang baik, dalam olahraga maupun menurunkan berat badan, sebaiknya Anda melakukan variasi. Bagaimana cara melakukannya dengan treadmill?

Mudah saja, pilih treadmill dengan area berlari yang kemiringannya bisa diatur. Hal ini akan memberikan tantangan untuk Anda, dengan berjalan atau jogging dalam keadaan seperti menanjak. Biasanya pada treadmill manual, Anda harus mengatur kemiringan area lari sebelum mulai berolahraga, sedangkan pada treadmill elektrik kemiringan bisa diatur saat Anda berlari di atasnya.

Bisa dilipat saat tak digunakan

Treadmill bisa menjadi benda yang menghalangi, di rumah Anda, terutama jika areanya tidak begitu luas. Tidak perlu khawatir, ada treadmill yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa dilipat. Ini akan memudahkan Anda dalam penanganan ruang di rumah Anda. Saat tak digunakan, lipat saja treadmill Anda dan Anda pun bisa menggunakannya kembali saat tiba waktunya berolahraga.